Senin, 02 Februari 2015

DASAR ILMU PEMASARAN


Tren toko moderen di Indonesia menjadi marak di kalangan masyarakat. Mereka mendambakan pelayanan yang memuaskan ketika belanja. Sebab pada dasarnya, dalam ilmu pemasaran sebuah bidang usaha harus mengedepankan product, price, promotion and place. dengan empat komponen tersebut maka usaha yang kita jalankan akan stabil dan menuai hasil yang maksimal






1.        Product
Produk adalah sesuatu yang akan memenuhi keinginan dan kebutuhan dari customer.
Untuk lebih memahami mengenai product maka poin dibawah ini perlu kita pahami:
a.     Kita perlu menelaah keinginan customer terhadap sebuah produk/jasa, kebutuhan apa saja yang dapat memuaskan customer terhadap produk/jasa.
b.       Featur yang kita masukkan dalam produk juga harus sesuai dengan keinginan customer agar tidak ada satupun yang terlewatkan, atau bahkan featur tertentu yang tidak dibutuhkan malah kita masukkan.
c.         Kemasan juga menjadi pertimbangan bagi customer untuk membeli produk/jasa yang kita jual.
d.    Produk/jasa yang kita jual juga harus memiliki varian yang berbeda dengan produk/jasa yang dimiliki kompetitor.

2.        Price
Price adalah jumlah yang dikeluarkan oleh customer untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan. Untuk lebih memahami mengenai price maka kita harus memperhatikan poin penting berikut ini:
a.         Harga harus sesuai dengan porsi produk/jasa yang ditawarkan.
b.     Kita harus mengetahui apakah target customer merupakan price sensitive market?Apa dampak kenaikan atau penurunan harga terhadap customer?
c.    Penerapan diskon pada harga jual harus menarik. Artinya diskon harga yang kita buat jangan sampai sama dengan harga kompetitor. Kita perlu mengadakan survey harga sebelum menerapkan diskon.

3.        Promotion
Promotion merupakan segala metode yang digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk/jasa kepada customer. Beberapa promotion yang umum dikenal adalah: Advertising, Public Relation, Personal Selling, Sales Promotion. Maka supaya promosi yang kita gencarkan tidak merugi dan hanya menghabiskan biaya perlu kita memahami aturan main sebagai berikut:
a.         Kapan dan bagaimana perusahaan menyampaikan pesan mengenai produk/jasa ke target market
b.    Metode apa yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan kepada target market?Apakah advertising on Tvor Radio atau direct marketing atau Public Relation dan lainnya.
c.         Kapan waktu terbaik untuk melakukan promosi
d.        Kita harus mengetahui metode promosi yang dilakukan kompetitor.

4.        Places
Places merupakan lokasi dimana customer bisa mendapatkan produk/jasa yang dibutuhkannya. Place atau lokasi penjualan haruslah representatif. Standar kualifikasi tempat yang baik adalah sebagai berikut:
     a.       Tempat yang kita gunakan harus mudah dijangkau oleh costumer.
    b.   Jika terpaksa usaha yang kita jalankan berada di daerah yang jauh dari perkotaan kita mungkin membutuhkan seorang sales untuk mengenalkannya kepada masyarakat sekitar. 
   c.  Apa yang dilakukan oleh kompetitor?Bagaimana anda belajar dan apa yang membedakan yang dilakukan oleh anda dan yang dilakukan oleh kompetitor?
                
               Demikian adalah poin penting yang menjadi landasan ilmu pemasaran. Mengerucut pada usaha ritail moderen, kenaikan level konsumen menjadi pertimbangan penting. Toko yang bersih dan menarik akan menjadi rujukan konsumen untuk sering mengunjungi. Bahkan datang saja belum cukup, kemudahan akses membeli dan pelayanan yang nyaman menjadi primadona. Maka dari itu mari kita rubah toko tradisional kita mengikuti tren perilaku konsumen yang semakin tinggi.
 Rak gondola minimarket menjadi penting ketika kita menginginkan toko retail tradisional terlihat moderen. Pemasangan rak akan memudahkan konsumen dalam berbelanja. Mereka akan dengan mudah memilih dan menyeleksi produk yang kita tawarkan. Sehingga kita dapat membatasi keluhan konsumen terhadap kualitas produk, karena apa yang mereka beli itulah yang mereka pilih.



Ritelteam menyediakan segala kebutuhan anda untuk membuat toko moderen, bahkan memodifikasi toko tradisional mereka menjadi toko moderen. Pada era ini jika kita memaksa untuk selalu mempertahankan dan mengelu-elukan kejayaan masa lalu maka ketertinggalan yang akan mendekap kita. Mari berubah menjadi dahsyat. Memiliki visi misi yang tangguh untuk melayani dan menyediakan kebutuhan masyarakat di sekitar kita.

Salam Ritelteam.

Jika anda membutuhkan segala macam perlengkapan minimarket mulai dari rak gondola, satu set komputer, software kasir, printer kasir, scanner, cashdrawer bahkan konsultasi managemen. Silahkan hubungi kami melalui kontak berikut:
Sms/call 087839792209
Wa /call 085292787772
Bbm 5ADDBEE6

Haikal Mubarak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar