
1.
Product
Produk adalah sesuatu yang akan
memenuhi keinginan dan kebutuhan dari customer.
Untuk lebih memahami mengenai product maka poin dibawah ini perlu kita pahami:
Untuk lebih memahami mengenai product maka poin dibawah ini perlu kita pahami:
a. Kita
perlu menelaah keinginan customer terhadap sebuah produk/jasa, kebutuhan apa
saja yang dapat memuaskan customer terhadap produk/jasa.
b. Featur
yang kita masukkan dalam produk juga harus sesuai dengan keinginan customer
agar tidak ada satupun yang terlewatkan, atau bahkan featur tertentu yang tidak
dibutuhkan malah kita masukkan.
c.
Kemasan
juga menjadi pertimbangan bagi customer untuk membeli produk/jasa yang kita
jual.
d. Produk/jasa
yang kita jual juga harus memiliki varian yang berbeda dengan produk/jasa yang
dimiliki kompetitor.
2.
Price
Price adalah jumlah yang dikeluarkan oleh
customer untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan. Untuk lebih memahami
mengenai price maka kita harus memperhatikan poin penting berikut ini:
a.
Harga
harus sesuai dengan porsi produk/jasa yang ditawarkan.
b. Kita
harus mengetahui apakah target customer merupakan price sensitive market?Apa
dampak kenaikan atau penurunan harga terhadap customer?
c. Penerapan
diskon pada harga jual harus menarik. Artinya diskon harga yang kita buat
jangan sampai sama dengan harga kompetitor. Kita perlu mengadakan survey harga
sebelum menerapkan diskon.
3.
Promotion
Promotion merupakan segala metode
yang digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk/jasa kepada
customer. Beberapa promotion yang umum dikenal adalah: Advertising, Public
Relation, Personal Selling, Sales Promotion. Maka supaya promosi yang kita
gencarkan tidak merugi dan hanya menghabiskan biaya perlu kita memahami aturan
main sebagai berikut:
a.
Kapan dan
bagaimana perusahaan menyampaikan pesan mengenai produk/jasa ke target market
b. Metode apa
yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan kepada target market?Apakah
advertising on Tvor Radio atau direct marketing atau Public Relation dan
lainnya.
c.
Kapan waktu
terbaik untuk melakukan promosi
d.
Kita harus
mengetahui metode promosi yang dilakukan kompetitor.
4.
Places
Places merupakan lokasi dimana
customer bisa mendapatkan produk/jasa yang dibutuhkannya. Place atau lokasi
penjualan haruslah representatif. Standar kualifikasi tempat yang baik adalah
sebagai berikut:
a. Tempat yang kita gunakan harus mudah dijangkau oleh costumer.
b. Jika terpaksa usaha yang kita jalankan berada di
daerah yang jauh dari perkotaan kita mungkin membutuhkan seorang sales untuk
mengenalkannya kepada masyarakat sekitar.
c. Apa yang dilakukan oleh kompetitor?Bagaimana anda
belajar dan apa yang membedakan yang dilakukan oleh anda dan yang dilakukan
oleh kompetitor?
Demikian adalah poin penting yang menjadi landasan ilmu pemasaran. Mengerucut pada usaha ritail moderen, kenaikan level konsumen menjadi pertimbangan penting. Toko yang bersih dan menarik akan menjadi rujukan konsumen untuk sering mengunjungi. Bahkan datang saja belum cukup, kemudahan akses membeli dan pelayanan yang nyaman menjadi primadona. Maka dari itu mari kita rubah toko tradisional kita mengikuti tren perilaku konsumen yang semakin tinggi.
Rak gondola minimarket
menjadi penting ketika kita menginginkan toko retail tradisional terlihat
moderen. Pemasangan rak akan memudahkan konsumen dalam berbelanja. Mereka akan
dengan mudah memilih dan menyeleksi produk yang kita tawarkan. Sehingga kita
dapat membatasi keluhan konsumen terhadap kualitas produk, karena apa yang
mereka beli itulah yang mereka pilih.
Ritelteam menyediakan segala kebutuhan anda untuk membuat toko
moderen, bahkan memodifikasi toko tradisional mereka menjadi toko moderen. Pada
era ini jika kita memaksa untuk selalu mempertahankan dan mengelu-elukan
kejayaan masa lalu maka ketertinggalan yang akan mendekap kita. Mari berubah
menjadi dahsyat. Memiliki visi misi yang tangguh untuk melayani dan menyediakan
kebutuhan masyarakat di sekitar kita.
Salam
Ritelteam.
Jika
anda membutuhkan segala macam perlengkapan minimarket mulai dari rak gondola,
satu set komputer, software kasir, printer kasir, scanner, cashdrawer bahkan
konsultasi managemen. Silahkan hubungi kami melalui kontak berikut:
Sms/call
087839792209
Wa /call
085292787772
Bbm 5ADDBEE6
Haikal
Mubarak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar